Minggu, 18 Agustus 2013

manfaat shalat malam

MANFAAT SHALAT MALAM
Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang apa itu shalat malam dan manfaatnya bagi kita umat islam.
Shalat malam adalah shalat sunat yang dikerjakan pada malam hari,yang termasuk didalamnya antara lain adalah shalat tarawih, witir,hajat , tahajud dan istikharah. Tergantung pada niatnya. Soal batas waktu yang baik disebutkan dalam Al quran dan beberapa hadits Nabi :
“ Wahai orang yang berselimut, bangunlah diwaktu malam kecuali sedikit, setengah malam atau setengah malam kurang sedikit, atau ditambah. Dan bacalah Al Quran dengan bacaan yang tartil “.
“ Berkata Abu Muslim kepada Abi Dzar : Kapan waktu shalat malam yang afdhal? Jawab Abi Dzar, bahwa saya juga pernah bertanya kepada rasullullah SAW tentang pertanyaanmu itu, beliau menjawab : tengah malam yang sepi, saat sedikt orang mengerjakannya.”
Maksuddarikedua hadits diatas adalah batasan shalat malam tidak mengikat, boleh separu malam dikurangi dan boleh ditambah, larut malam biasanya sepi dan sedikt sekali orang yang mengerjakannya.
“ Wahai  manusia, sebarkanlah salam, dan berilah makan orang yang kelaparan dan sambunglah silaturahim dan shalatlah malam di kala orang tidur, engkau akan masuki surge dengan  selamat “.
“ Tuhan kami yang agung,pemberi barakah, setiapmalam turu ke langit dunia, pada sepertiga malam yang terakhir”.
Maksud dari dua hadits diatas ialah jalan masuksurga antara lain ditempuh dengan tiga cara :  Menyebarkan salam , silaturahmi dan shalat diwaktu malam orang sedang tidur, dan  waktu yang baik adalah se3pertiga malam yang terakhir.Pada malam melakukan shalat sebagai ibadah tambahan maka Allah SWT akan mengangkat pada kedudukan yang terpuji. Dan Allah akan memberikan pikiran pikiran dan ide yang bermutu dan akan menjadikan orang yang melakukannya kuat pendirian dan lurus  jalan hidupnya.Selain itu shalat malam  juga dapat menutupi kesalahan dan mencegah dosa dosa. Allah juga akan menyelesaikan persoalan persoalan hambanya yang melakukan shalat malam, yang berdoa dikabulkan , yang meminta diberi dan yang mohon ampun diampuni.Karena jarang orang yang mampu melakukannya kecuali orang yang taqwa,Sebab dengan shalat malam manusia akan selalu taat kepada Allah.
Janji Allah kepada orang yang taat dan taqwa ialah :
1. Setiap mengalami kesulitan ,selalu mendapatkan jalan keluar yang baik.
2. Mendapatkan rizqi bdari Allah dalam jumlah dan arah yang tidak terduga sebelumnya.
3. Mudah dalam segala urusan
4. Kesalahan ditutupi dan sebaliknya, kebaikanya dibuka
5. Setiap kesulitan akan disusul dengan keberhasilan.
Demikian tulisan saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua… amiiinnn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar