Jumat, 16 Agustus 2013

KEUTAMAAN SHALAT BAGI KEHIDUPAN

KEUTAMAAN SHALAT BAGI KEHIDUPAN
Assalamualaikum….pada kesempatan kali ini saya  akan memposting tentang keutamaan shalat bagikehidupan manusia,mengenai manfatnya maupun tujuan dan keutamaan shalat bagi kehidupan itu sendiri, semoga postingan ii bermanfaat amiin.
Kewajiban pertama bagi orang islam adalah shalat,shalat sebagai cara pengabdian manusia kepada Allah,pencipta manusia kepada Allah,pencipta manusia itu sendiri.Cara melakukan shalat harus sesuai dengan aturan aturan Allah melalui yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, sebagai mana ditegaskan dalam haditsnya.
“ SHALLUU KAMAA RA-AITUMUUNI USHALLII “
Yang artinya:
“ Shalatlah kalian, sebagaimana engkau melihat aku Shalat “.
Maksudnya hadist ini,semua shalat yang kita lakukan hendaknya sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad, baik itu shalat wajib atau shalat sunat. Tentang fadlilah atau keutamaan shalat, teruitama shalat wajib banyak sekali macamnya, tetapi bias dikelompokan menjadi dua pengertian yaitu keutamaan bagi hidup akhirat dan keutamaan bagi hidup di dunia. Antara lain keutamaan akhirat, misalnya : Bahwa, shalat itu menjadi kunci bagi amalan amalan yang lain. Maksudnya apabila shalatnya baik,maka amalan yang lain ikut baik..apabila shalatnya  tidak baikmaka amalan yang lain ditolak.
Maka untukmemberikan semangat bagi kaum muslim, dalam melakukan shalat disini diterangkan bebrapa dalil yang menunjukan bahwa shalat itu sangat bermanfaat  bagi kehidupan manusia di dunia asal shalat itu dikerjakan sesuai dengan tuntunan Nabi dan dikerjakan dengan ikhlas hanya kepada Allah.
“ Seolah olah kita melihat Allah, apabila tidak melihat, harus yakin bahwa Allah melihat kita “.
Sikap yang jujur seperti itu, harus selalu menyertai setiap kita melaksanakan shalat. Dengan demikian shalat kita akan selalu ikhlas, tidak malas,tidak karena orang lain,tidak karena ingin dipuji,dimana saja dan kapan saja,tetap mengerjakan dengan baik dan sempurna.Shalat iniloah yang akan bermanfaat bagio hidup kita , baik di dunia maupun diakhirat.
Demikian postingan saya semoga mengenai keutamaan shalat bagi kehidupan,semoga dapat bermanfaat bagikehidupan kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar